Jumat, 18 Januari 2013

karya Untuk Kampus (Part 2) : Wayang Card



Assalamualaykum

Nah rekan rekan
disini aku mau ngelanjutin semua seluk beluk tentang PKMM
seperti yang saya janjikan dalm tulisan kemarin

apa yang akan saya tuliskan disini bakal lebih HOT
apa sajakah itu

1) Contoh Slide presentasi Monev kami dari Monev 1-3 ITS
2) Contoh Slide presentasi kami pada saat kami memenangi Juara 1 GK PKM ITS Expo
3) Contoh Laporan Kemajuan
4) Contoh Presentasi PIMNAS peraih medali Emas
5) Contoh Poster peraih medali Perak




   Gambar 1. Tim Wayang Card Memegang Medali di PIMNAS 25 Jogja

Nah
Sebelumnya aku jelasin historis singkatnya ya
jadi disini saya mau bagi bagi ilmu tentang bagaimana memanajemen pelaksanaan PKM
setelah pendanaan supaya bisa sukses.

Karena alhamdulillah temen temen .
PKMM  wayang card kemarin yang telah kuperjuangkan habis habisan dengan TIM Wayang card yang super keren ini bisa dibilang cukup menunai hasil yang 'memuaskan'

Jadi gan. Tema kita simpel punya.
Cuman buat game (Ngadopsi Yu Gi Oh Konami) tapi gambar  monsternya kita ganti menjadi gambar tokoh tokoh wayang Indonesia
Kalau ente masih bingung
Bisa nih liat demo videonya disini


   Video 1 : Demo Game Wayang Card

Gimana
Unyu kan Gamenya
Hehehheheheheh
Gimana gak unyu
Orang gambar wayang yang semula serem kami ganti dengan gambar kartun yang unyu :)


Intinya nih (Yang perlu dicatat) kunci keberhasilan kami:
Dewan juri sangat tertarik dengan PKM-PKM yang bertemakan dengan kebudayaan tradisional ataupun mengandung unsur keraifan lokal. Nah tugas kita sebagai mahasiswa adalah membrandingnya menjadi suatu hal yang tampak lebih modern.

Yang kedua.
Dewan juri juga sangat tertarik dengan tema PKM yang mengandung unsur pendidikan berkarakter. Terbukti di kelas PKMM saya kemarin. Yang dapat emas dan perak adalah PKMM yang mengangkat tema edugames tentang pembentukan karakter

"Jadi dua pon penting di atas wajib ya diperhatikan ya agan"

Oh ya sebelumnya lupa
Aku perlu memperkenalkan nih siapa saja personil dari tim wayang card

"Yang namanya keberhasilan itu tidak bisa diraih seorang diri
Harus ada tim solid dengan yang saling mengerti satu sama lain didalamnya"

Nah
di Tim wayang card ini ada 5 orang
Mereka semuanya pada mulanya tidak ada yang kenal satu sama lain
Jadi ceritanya akulah yang mempertemukan mereka. Hahahaha. keren kan
"Hingga kahir setelah PKMM pun kami masih rukun dan saling kontak kontakan"

Siapa sajakah mereka
Inilah Tim Wayang Card :
1. Umar Affandi (T. Industri ITS Angkatan 2008)
    Job Desk : Pengajar Game
    Aku ngajak dia pas itu karena dia temen baikku di Etos

2. Ika Nur Khasanah (S. Informasi ITS angkatan 2009)
    Job Desk : Pengajar Wawasan tentang Wayang
    Aku seberanya gak kenal sama ika. hanya pernah ketemu pas ngisi PKTI
    pada saat itu aku jadi pembicara dia jadi moderator
    Karena anak SI dan tau tentang game , ya tak ajak dia gabung

3. Yuan Kharisma (Geomatik ITS angkatan 2010)
    Job Desk : Fasilitator seluruh kegiatan
    Kalau yuan. Aku kenal sedari SMA. Dia pernah sama sama aku ikut olimpiade Astronomi
    Selain itu, kita juga sama sama berdomisili di Bangil

4. Akhmad Iklil Muna (Teknik Kelautan angkatan 2011)
    Job Desk : Pengajar Wawasan tentang Wayang
    Nah, kalau iklil. Ini rekomendasi Umar. Dia adalah anak ETos juga.


  Gambar 2. Tim Wayang Card. Dari Kiri : Yuan Kharisma, Ika Nurkhasanah, Iklil Muna  dan Umar Affandi

Tugas kita cukup sederhana koq !!!
yakni melaksanakan 6 kali pertemuan untuk mengajarkan bahwa anak anak harus meniru dan meneladani karakter baik dari tokoh wayang Pandhawa yang mereka sukai
Seperti si Bima yang pemberani dan tegas
Si Arjuna yang alim dan lemah lembut
Si Yudhistira yang bijaksana dan dewasa
si Nakula dan Sadewa yang rukun, pandai dan suka bercanda

Kami melaksanakannya dalam kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan tiap hari Minggu. Tepatnya jam 13.00 sampai jam 16.00
Sasaran kami yakni SDN Pogar I, II dan III Bangil

Seperti apa sih serunya kegiatannya
Bisa diliat disini gan !!!!




Nah. Dengan segala kerja keras yang kami lakukan
TIM Wayang Card ini  berhasil meraih prestasi yang memuaskan 'beud'
diantaranya adalah
1) Nilai MONEV ITS tertinggi untuk bidang PKMM
2) Juara I Lomba Presentasi PKMM ITS Expo
3) Medali Emas Kategori Presentasi PIMNAS ke 25 Jogja
4) Medali Perak Kategori Poster PIMNAS 25 Jogja
4) Di liput oleh Metro TV


Akan tetapi
"Tidak ada keberhasilan yang bisa diraih dengan instan
Semua itu harus melalui proses jatuh bangun tentunya"

"Disamping itu kami juga menunai banyak kegagalan lho
yang mana ini sempet bikin kita pusyang dan stress"

diantaranya

1) Mengunduh file Gambar Kartun Animasi Wayang tanpa seijin pemiliknya alumni ITB     Akibatnya : nama ITS sedikit tercoreng karena kami sempet dituduh plagioator
    Kita dijelek jelekin di blog dan di FB juga lho
2) Sempet diusir sama SDN Pogar II Bangil.
    Hal ini dikarenakkan pada waktu pelaksanaan tim kami tidak bisa hadir
    dan  tidak konfirmasi. Akibatnya gurunya  marah dan membatalkan
    kerja sama pelaksanaan. Untungnya SDN Pogar I dan III masih mau
    melanjutkan kerja sama
3) Pertengkaran pertengkaran kecil pada saat pelaksanaan yang mewarnai
    perjalanan kami.
Pertengkaran karena masalah sepele. Hahahahahahah


Hm
Sebelum aku bagi bagi file penting
satu momen yang tak terlupakan adalah pada saat PIMNAS
Pada saat presentasi. Kami tampil cukup Menghibur
Dibanding peserta lain yang presentasinya biasa saja
Kami presentasinya yang paling beda


Pada saat itu aku sebagai presentator
Umar, ika dan Yuan Sinden
dan Iklil dalangnya

Jadi Sebelum tampil lampu kita matikan dan kita memeragakan aksi pewayangan kayak di TV TV itu  selama 2 menit
Alhasil kami pun mendapatkan apresiasi dari juri dan  peserta universitas lain. Dari total 10 menit presentasi. Kami 3 kali mendapatkan applause meriah. Yakni diawal. Di tengah dan di Akhir.  Alhamdulillah deh Pokoknya

Seperti apasih
Liat aja disini ya
video


Nah Langsung aja ya
Semua hal dan perangkat yang kita pergunakan mulai dari awal sampai akhir
Slide presesntasi hingga laporan laporan
langsung aja bisa di download sepuasnya disini ya

1) Slide presentasi Monev kami dari Monev 1-3 ITS
Download Monev ITS

2) Laporan Kemajuan kami pada saat MONEV
Download Laporan Kemajuan

http://bit.ly/laporankemajuanwayangcardvirtual


3) Slide Presentasi PIMNAS kami yang meraih medali Emas
Download part 1
Download part 2

4) Laporan Akhir pada saat PIMNAS
Download Laporan Akhir
http://bit.ly/laporanakhirpkmwayangcardvirtual

5)  Poster peraih medali Perak




Oke gan
Semoga bermanfaat ya mas brew
Itu aja yang bisa kami share
Semoga semangatnya bisa tertular

"Perjuangan akan terasa indah ketika kita merasakan jatuh bangunnya"

Batam
19/01/2013


1 komentar:

  1. Wah mantep banget. Saya ijin download filenya yah,, Oh ia, yang slide presentasi monevnya tidak bisa didownload :)

    BalasHapus